Monday, March 9, 2009

Oracle XE di Hardy Heron

Pertanyaan pertama kalo migrasi ke OS baru adalah 'Ada gak sih aplikasi yang serupa dengan aplikasi ini di OS ini?' atau 'Caranya nginstall aplikasi ini di OS ini gimana?' Itu pula yang saya alami dengan Oracle. Emang ada Oracle yang bisa diinstall di Ubuntu? Kan Oracle gak gratis... Kalo ada cara nginstallnya gimana?

Pas melontarkan pertanyaan itu di forum malah disarankan pake Postgre atau MySQL...dieng... Yang saya mau itu kan Oracle, bukan yang lain. Setelah googling, akhirnya nemu juga caranya berurusan sama Oracle di Ubuntu. Oracle memang bukan aplikasi gratisan. Tapi oracle merilis Oracle 10g eXpress Edition (XE) sebagai versi gratisan Oracle 10g. Untuk menginstall Oracle 10g XE lakukan langkah-langkah berikut...

Pertama, tambahkan "deb http://oss.oracle.com/debian unstable main non-free" di /etc/apt/sources.list untuk menambah repository oracle ke Ubuntu.
Kedua, import GPG key "wget http://oss.oracle.com/el4/RPM-GPG-KEY-oracle -O- | sudo apt-key add - " agar package dari Oracle muncul di add/remove dan synaptic.
Ketiga, jangan lupa update Ubuntunya "sudo apt-get update".
Keempat, pilih oracle-xe-universal dari synaptic untuk menginstall.
Setelah selesai install jangan lupa lakukan konfigurasi dengan menjalankan "sudo /etc/init.d/oracle-xe configure" dari terminal.

Setelah sukses install dan login ke database, pertanyaan saya selanjutnya adalah "Gimana caranya berinteraksi dengan oracle XE ini?" Kalo di Windows saya biasanya pake Toad atau Tora. Setelah cek di add/remove ternyata ada juga Tora untuk Ubuntu. Setelah install Tora...tada... Oracle tidak ada pada daftar database yang disupport...!@#$%^&*(Kok bisa ya...bukannya Tora singkatan dari Tool for Oracle... Kok malah yang nongol di situ Postgre SQL yang barusan juga saya install...).

Install tora ternyata perlu mengkompile ulang sourcenya dengan perubahan minor agar mendukung Oracle. Namun setelah sukses mengkompile, Oracle tidak juga disupport si Tora ini. Bahkan setelah beberapa versi Tora saya coba, hasilnya nihil. Setelah googling, ada yang menyarankan pake dbvisualizer. Dbvisualizer ini berbasis java jadi install dulu JRE.

Dbvisualizer berbentuk rpm bisa didonlut di http://www.minq.se/products/dbvis/download/install.jsp. Agar bisa diinstall di Ubuntu ubah ke bentuk deb dengan cara "sudo alien dbvis_linux_6_5_4.rpm". Selanjutnya install dengan mendobel klik file .deb tsb. Di Hardy saya, dbvisualizer disimpan di direktori /opt/DbVisualizer-6.5.4. Untuk menjalankannya ketik ./dbvis di terminal.

Untuk connect dari dbvisualizer ini dibutuhkan jdbc driver. Saya pake ojdbc14-10.2.0.1.0.jar dengan Database URL "jdbc:oracle:thin:@localhost:1521:XE"

0 comments:

 

©2009 Stay the Same | by TNB